Kesehatan

4 Langkah Mengatasi Luka yang Harus Anda Ketahui!

Luka, siapa yang tidak pernah mengalaminya? Seperti halnya flu, meski kecil setiap orang pernah merasakan. Mulai dari luka gores sampai luka lebar yang memperlihatkan jaringan di bawah kulit. Mungkin Anda membutuhkan obat luka tidak lengket di kasa.

Jangan terburu-buru! Kenali terlebih dahulu jenis luka yang Anda alami dan ketahui cara mengatasinya.

Nah, untuk itu Anda perlu tahu 3 langkah mengatasi luka di bawah ini! 

  • Menghentikan Pendarahan

Jika Anda hanya mengalami luka gores tidak perlu menghentikan pendarahan karena darah tidak keluar. 

Pendarahan harus dihentikan segera jika terlihat terdapat darah yang keluar dari luka. Anda dapat menekan bagian yang berada di sekitar luka. 

Untuk luka yang cukup besar, penekanan dapat dilakukan dengan mengikat bagian atasnya sementara.

  • Membersihkan Luka

Setelah Anda menghentikan luka sementara, segera bersihkan luka! Hal ini penting karena mungkin saja di sekitar luka terdapat kotoran yang membawa bakteri atau kuman yang membuat luka menjadi infeksi.

Bersihkan luka dengan air hangat pada kapas bersih dan steril.

  • Membalut Luka

Setelah bersih, agar luka berhenti pendarahannya secara permanen maka tutup atau balut dengan kasa steril atau pembalut luka instan.

Saat menutupnya, Anda dapat memberi sedikit obat luka di atasnya. Penting bagi anak untuk memberi mereka obat luka yang tidak pedih agar tidak trauma.

Mengapa luka harus dibalut? Ini berkaitan untuk menjaga kebersihan dan kelembabannya. Luka yang ditutup akan menghalangi menempelnya bakteri baru. Selain itu, kelembapannya akan terjaga. 

Luka yang terjaga kelempabannya akan lebih cepat pulih di bandingkan dibiarkan mengering sendiri.

Saat luka ditutup, pendarahan yang terjadi dapat dihentikan. Saat ini, sel fibroblas yang membentuk jaringan baru setelah luka akan lebih mudah bekerja.

  • Konsultasi Ke Dokter

Kapan Anda harus pergi ke dokter saat luka? 

Anda harus ke dokter jika pendarahan pada luka tidak berhenti, luka cukup besar dan lebar hingga terlihat jaringan di bawah kulit, dan luka tidak membaik bahkan terjadi pembengkakan.

Itulah 3 langkah mengatasi luka yang harus Anda ketahui. Info kesehatan yang terlihat sepele tetapi sebenarnya sangat penting. Hal-hal besar dapat terjadi karena yang kecil bukan? Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *