Otomotif

Agar Tetap Awet, Ini Cara Merawat Ban Mobil Kendaraan Anda

Ban memang memiliki peranan yang cukup penting dalam sebuah kendaraan. Perawatan ban kendaraan sangat penting untuk Anda perhatikan. Lantas sebenarnya bagaimana sih cara merawat ban mobil agar performanyatetapterjagaserta usia pemakaiannya relatif panjang. Nah berikut beberapa perawatan mudah yang perlu Anda lakukan.

Selalu Memeriksa Tekanan Udara

Tekanan udara dalam ban harus selalu stabil agar tetap aman dan kendaraan tak mudah rusak. Jika tekanan udara ban mobil kurang maka hal ini akan berdampak pada penggunaan BBM yang semakin meningkat. Lain halnya dengan tekanan udara yang terlalu keras, hal ini juga akan menyebabkan masalah lain pada kendaraan Anda. Jadi pastikan selalu cek tekanan udaranya.

Jika tekanan udara ban terlalu keras, hal ini hanya akan mengakibatkan permukaan ban menjadi halus yang sangat membahayakan para pengendara. Selain itu, pastikan Anda selalu mengganti ban kendaraan ketika sudah halus. Meski terdengar sepele, namun ternyata memeriksa tekanan udara pada ban kendaraan Anda merupakan salah satu poin penting yang perlu Anda perhatikan.

Gunakan Ban Sesuai Standar

Jenis mobil yang bermacam-macam juga ikut membuat jenis ban menjadi lebih bervariasi. Seperti yang sudah diketahui bahwa ban untuk mobil city car cenderung berbeda dengan ban untuk mobil MPV. Hal ini tentunya disebabkan karena bobot dan ukuran mobil yang relatif berbeda. Jadi penggunaan ban sesuai standar merupakan salah satu upaya terbaik untuk merawat kendaraan.

Merotasi Ban Kendaraan

Merotasi ban kendaraan merupakan salah satu upaya yang bisa Anda lakukan agar ban tetap awet dan tahan lama. Caranya juga terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu mengukur posisi ban secara berkala. Pada sebuah mobil, ban depan cenderung akan cepat gundul karena lebih sering bergesekan dengan rem ekstra saat mobil berkelok.

Jadi sebelum permukaan ban kendaraan Anda menjadi rata dan halus, ada baiknya jika ban depan lebih sering ditukar dengan ban belakang. Pasalnya biasanya ban belakang hanya mengalami gesekan ringan mengikuti alur mobil. Pastikan untuk menukar posisi ban kendaraan setiap 5000 km sekali sehingga umur ban menjadi lebih panjang dan tak terlalu sering menggantinya.

Hindari Lubang Saat Berkendara

Ya jalanan memang tidak sepenuhnya mulus, untuk menjaga kondisi ban kendaraan Anda ada baiknya untuk menghindari lubang saat berkendara. Ketika melintasi jalanan yang berlubang dan rusak, ada baiknya Anda mengurangi laju kecepatan kendaraan. Sebab jika jalanan rusak dihantam begitu saja, hal ini hanya akan menyebabkan ban kendaraan Anda menjadi lebih cepat rusak.

Tak hanya akan merusak kondisi ban saja, jalanan yang rusak dan berlubang juga ikut menyebabkan mobil Anda menjadi cepat rusak. Jadi pastikan Anda selalu berkendara dengan baik dan benar. Hal ini tak hanya akan menjaga kondisi ban kendaraan Anda saja, namun Anda juga akan selamat dari kecelakaan.

Pastikan Ban Sudah Tertutup Oleh Tutup Pentil

Memang sangat sederhana, namun ternyata juga ada banyak sekali orang yang meremehkan keberadaan tutup pentil itu sendiri. Untuk itu pastikan ban selalu tertutup pentil saat berkendara. Pasalnya jika ban kendaraan Anda kehilangan udara secara tiba-tiba, hal ini hanya akan membuat mobil menjadi cepat rusak. Jangan pernah korbankan mobil hanya demi tutup pentil.

Nah itulah beberapa cara mudah merawat ban kendaraan Anda agar tetap awet dan tahan lama. Jadi kebiasaan mana nih yang sudah Anda terapkan saat ini? Agar kondisi ban tetap terjaga, hal ini juga harus diimbangi dengan penggunaan ban yang berkualitas. Anda bisa mendapatkan deretan pilihan ban mobil berkualitas dengan berkunjung ke blibli.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *