Tips

Tips Merencanakan Tabungan Pendidikan untuk Anak

Setia orang tua pasti menginginkan masa depan yang baik untuk anak-anaknya. Nah, untuk memiliki masa depan yang baik, maka anak harus dibekali dengan pendidikan yang baik pula. Namun, mahalnya biaya pendidikan seringkali menjadi kendala bagi orang tua. Karena itu, persiapkan tabungan pendidikan untuk anak sejak dini. Bagaimana caranya? Simak selengkapnya di bawah ini.

  1. Mulai dengan merencanakan pendidikan anak

Untuk bisa merencanakan tabungan, Anda harus merencanakan pendidikan anak terlebih dahulu. Coba mulailah untuk merencanakan biaya pendidikan sejak dini. Pasalnya, rencana pendidikan ini memiliki pengaruh yang signifikan dengan biaya.

Sebagai contoh, jika Anda merencanakan untuk anak agar sekolah di sekolah negeri baik itu SD atau SMP. Maka, di sini biaya yang Anda keluarkan akan jauh lebih sedikit karena sekolah negeri gratis dari pemerintah.

Hal ini tentunya akan berbeda jika Anda merencanakan anak bersekolah di sekolah swasta yang favorit. Tentunya, biaya pendidikan anak akan jauh lebih besar. karena itu, menabung sejak dini sangat diperlukan. Terlebih biaya anak sekolah saat ini tidaklah murah.

  1. Mulailah menghitung biaya pendidikan anak

Ketika Anda sudah merencanakan pendidikan anak, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menghitung biaya pendidikan yang diperlukan. Setiap tahunnya, biaya pendidikan akan mengalami kenaikan antara 10-15%. Nah, sesuaikan biaya pendidikan ini dengan pendapatan yang Ada dapatkan.

Sebagai contoh, untuk masuk TK, biaya pendidikan yang dikeluarkan adalah Rp 5 juta. Sekolah ini akan mengalami kenaikan sebesar 10%. Jika anak akan masuk sekolah TK 3 tahun lagi, maka perkiraan biaya yang harus disiapkan adalah Rp 5 juta x 1,1 x 1,1 x 1,1 =  Rp 6.655.000.

Dari jumlah tersebut, maka orang tua harus menabung setiap bulannya sebesar Rp 184.861. angka ini diperoleh dari Rp 6.655.000 : 36 bulan. Padahal, biaya ini baru biaya pendaftaran dan belum termasuk biaya SPP, buku dan seragam.

  1. Coba lakukan investasi

Tips lain yang bisa Anda lakukan untuk merencanakan tabungan pendidikan anak adalah dengan melakukan investasi. Saat ini ada banyak sekali perusahaan investasi yang menawarkan jasa pengelolaan keuangan.

Nah, setiap perusahaan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dalam memilih investasi, maka Anda harus melihat kelebihan dan kekurangan tersebut untuk menentukan berapa jumlah anggaran yang akan diinvestasikan untuk pendidikan anak.

Pastikan Anda mempelajari setia detail dari isi perjanjian yang dibuat. Dengan mendapatkan perusahaan investasi yang tepat, maka ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk menabung biaya pendidikan sejak dini.

  1. Coba gunakan asuransi pendidikan

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan tabungan pendidikan bagi anak adalah dengan bergabung melalui asuransi. Ini adalah cara yang cukup tepat yang bisa Anda lakukan. Dengan menggunakan asuransi, maka biaya pendidikan anak akan terjamin.

Misalnya, Anda akan mengasuransikan pendidikan anak dari jenjang TK sampai SMA. Maka, pihak asuransi lah yang akan membiayai hal tersebut sesuai dengan perjanjian yang dibuat. Nah, di sini Anda hanya perlu membayar sejumlah kesepakatan yang dibuat setiap bulannya. Tentunya hal ini akan jauh lebih ringan dan terjamin.

Dengan menerapkan empat tips di atas, maka Anda bisa mempersiapkan tabungan pendidikan anak sejak dini. Dengan demikian, masa depan anak bisa lebih terjamin. Terlebih lagi biaya pendidikan yang semakin hari semakin mahal. Sedangkan pendidikan itu sangat penting.

Untuk Anda yang kebingungan mempersiapkan pendidikan untuk anak. Anda bisa gunakan HSBC dimana ini adalah solusi terbaik untuk masalah keuangan Anda.  So, jadilah orang tua yang cerdas dengan mempersiapkan pendidikan anak sejak dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *